Sulitnya Bisnis Bangkit Saat Masih Pandemi

Sulitnya Bisnis Bangkit Saat Masih Pandemi

SOM bahkan telah berstandar SNI dan mendapat sertifikasi Organik Indonesia dari Lembaga Sertifikasi Organik loh. Bisnis berjualan cupang ini juga menjadi penyelamat bagi Muhammad Iqbal. Pria yang berprofesi sebagai freelance fotografer di salah satu kantor swasta ini, terpaksa banting setir untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Menjual ikan cupang dirasakannya merupakan jalan yang tepat untuk kondisi saat ini. Menurutnya dalam waktu tiga bulan ikan sudah bisa dipasarkan tapi bergantung pada jenis ikannya.

Aspek pasar, secara umum pasar itu tetap ada meskipun mereka membatasi pengeluaran. Sehingga para pelaku usaha bisa melakukan kontak kembali dengan para customer sebagai bentuk relasional. Melalui relasional ini maka menjadi bagian tetap menjaga terbukanya peluang usaha kita. Hal lainnya adalah dengan memodifikasi produk untuk menjadi lebih sederhana sehingga Bola Online harganya bisa menjadi lebih murah. Lebih baik lagi membuat rekening yang berbeda dengan rekening pribadi, agar mudah menggunakan keuangan tersebut untuk kebutuhan usaha bisnis. Pada intinya pemilik usaha bisnis harus bijak dalam pengelolaan keuangan baik untuk kebutuhan serta pengeluaran usaha bisnis, karena masa pandemi ini tidak bisa di prediksi selesainya.

Hal ini terjadi dikarenakan kita melanggar aturan hukum, standar sosial, atau aturan eksternal lainnya. Sedangkan, untuk aturan internal, hal ini seperti melanggar harapan yang kita tetapkan untuk diri sendiri. Hasil dari tindakan ini yakni adalah ketakutan atau berdasarkan sepengetahuan Anda, Anda telah melakukan sesuatu yang merugikan.

Wamendag Jerry Sambuaga menilai bahwa selain memberi tekanan pada semua kegiatan ekonomi, pandemi juga memberikan kesempatan bagus bagi pembaharuan bisnis. Wabah Covid-19 menurutnya memberikan jalan bagi review efisiensi dan kreatifitas dalam berusaha. Pernyataan itu diberikan Wamendag tengah pekan lalu di Webinar “Memetakan Peluang Bisnis di masa Pandemi Covid19” yang diselenggarakan STIE Bisnis Indonesia”. PT Investree Radhika Jaya merupakan badan hukum yang didirikan berdasarkan Hukum Republik Indonesia.

Bisnis Pandemi

Ini artinya, ekonomi Indonesia tidak langsung pulih dan diperkirakan masih berada di degree negatif hingga akhir tahun ini. Anda bisa mengandalkan aplikasi Anchor untuk merekam dan mengunggah hasil podcast. Sebelum merekam, jangan lupa menyusun poin yang akan dibahas agar lebih menarik untuk didengar. Jangan biarkan bakat Parents menguap begitu saja, karena membuat podcast bisa jadi bisnis yang tepat untuk Anda! Sebelum membuat podcast, tentukan dahulu konsep apa yang ingin diusung. Cobalah melakukan riset kecil-kecilan perihal baju apa yang dibutuhkan orang saat ini, misalnya baju tidur dengan kain nyaman agar istirahat selama pandemi bisa tetap nyenyak.

Jerry mengatakan bahwa kemendag juga melakukan evaluation, terutama mengenai potensi ekpor baru yang selama ini belum digarap secara optimal yaitu ekspor produk digital dan produk berbasis teknologi. Tren produk pendidikan dan permainan ini ternyata juga berimbas ke orang dewasa. Meskipun ikut tertekan, penjual buku, permainan meja , alat musik, perkakas jahit, sport elektronik, dan perkakas hobi lainnya masih mendapat pembeli. Hal ini terkait semakin banyaknya orang yang berada di rumah dan mencari cara untuk mengisi waktu. Produk kebersihan rumah tangga dan pribadi semakin laris pada masa pandemi, dan kemungkinan masih akan terus meningkat.

Comments are closed.