Seputar Vaksin Covid

Seputar Vaksin Covid

Keputusan BPOM terkait vaksin Sinovac untuk kelompok lanjut usia di atas 60 tahun disambut gembira oleh para tenaga kesehatan aktif dalam kelompok ini. “Badan POM telah mengeluarkan Informasi untuk tenaga kesehatan yang dapat digunakan sebagai acuan bagi tenaga kesehatan dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi”, tambah Kepala Badan POM. Berdasar hasil evaluasi bersama tersebut, maka pada tanggal 5 Februari 2021 Badan POM menerbitkan EUA vaksin CoronaVac untuk usia 60 tahun ke atas, dengan 2 dosis suntikan vaksin yang diberikan dalam selang waktu 28 hari. Pemerintah telah menetapkan tujuh jenis vaksin melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/12758/2020 tanggal 28 Desember 2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Namun dari tujuh vaksin COVID-19 tersebut, baru satu vaksin yang telah memperoleh persetujuan dalam kondisi darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dari Badan POM, yaitu vaksin CoronaVac produksi Sinovac.

Komplikasi yang paling umum terhadap penyakit ini adalah neuralgia postherpetik, yang menyebabkan nyeri kronis selama berbulan-bulan setelah herpes zoster akut. Vaksin flu bisa mencegah flu dengan pemberian vaksin satu kali setiap tahun. Tubuh lansia butuh waktu sekitar dua minggu untuk merespons vaksin dan membangun kekebalan tubuhnya. Setelah tim medis menyuntikkan vaksin ke dalam tubuh, vaksin akan bekerja meniru terjadinya infeksi penyakit itu untuk memicu sistem imun tubuh membangun perlawanan terhadapnya.

Sebelum menjalani vaksin, lansia serta keluarga perlu mengetahui dua hal penting berikut ini. Vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit akibat infeksi bakteri Streptocossus pneumoniae atau lebih Anda kenal dengan sebutan kuman pneumokokus. Dengan vaksin ini, Anda bisa mencegah pneumonia (infeksi paru-paru), meningitis , dan sepsis . Virus ini bisa bertambah kuat seiring dengan kekebalan tubuh lansia yang melemah.

Dan sampai saat ini sudah terdata lebih dari 320 Kiyai dan Ibu Nyai yang meninggal karena COVID-19. Dengan adanya vaksinasi lansia ini, maka strategi ini harus segera dilaksanakan, karena ini akan sangat membantu,” terang dr. H. Dinas Kesehatan Kota Bekasi hingga kini belum dapat memastikan realisasi vaksinasi bagi kelompok lansia. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya alokasi dosis vaksin yang diterima Kota Bekasi untuk penyelenggaraan vaksinasi tahap dua ini. “Untuk sasaran lansia, akan ada informasi lebih lanjut dari Dinas Kesehatan maupun Puskesmas setempat mengenai jadwal vaksinasi,” ujar Siti. “Sehingga kelompok lansia, jadi salah satu prioritas bersama dengan petugas pelayanan publik di tahap ini,” kata Siti dalam keterangannya, Selasa (23/2).

Sesuai dengan knowledge-data hasil uji klinik yang tersedia pada saat EUA diterbitkan, penggunaan vaksin CoronaVac diperbolehkan untuk kelompok usia dewasa dari 18 hingga fifty nine tahun. “Meskipun nanti sudah di vaksinasi kita tetap harus melaksanakan program kesehatan 3M, meskipun kita telah divaksinasi. Karena kemungkinan kita untuk terpapar virus akan tetap ada namun kemungkinan untuk penderita gejala parah akan semakin kecil,” kata Nadia.

Pemerintah daerah, Polri, TNI, telah mengimbau petani untuk tidak memasang jebakan tikus berlistrik karena membahayakan nyawa diri sendiri dan orang lain. Sejumlah desa di Klaten menyiapkan tempat karantina terpusat untuk karantina mandiri warga dari luar daerah yang nekat mudik. Sebenarnya elpiji 3 kg itu diperuntukkan bagi warga miskin tetapi dalam praktiknya semua kalangan menggunakan elpiji three kg itu. Penyelenggara UMKM Virtual Expo 2021 mengumumkan 50 pelaku UMKM yang menjadi peserta ajang pelatihan dan pendampingan berbisnis on-line ini.

Begitu urusan administrasi dan pengecekan kesehatan beres, mereka langsung divaksinasi. “Cepat. Hanya beberapa detik. Tidak sakit,” kata Ibu tadi menirukan ayahnya. Begitu selesai, mereka diminta menunggu sekitar setengah jam untuk observasi. Sasaran bisa menunggu di dalam mobil maupun di tenda yang telah disediakan. Selama observasi, kaca mobil harus diturunkan guna memudahkan petugas melakukan pemantauan dan jika ada keluhan, sasaran diminta untuk membunyikan klakson sebagai tanda bagi para petugas.

Vaksinasi bagi Lansia

Vaknasinasi bagi lansia ini menjadi tindak lanjut dari dikeluarkannya izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan terhadap vaksin. Budi menjelaskan, alur vaksinasi dimulai dengan pendaftaran calon peserta lewat tautan tersebut. Saat peserta datang ke fasyankes yang ditunjuk sesuai SMS yang diterimanya, information diri peserta akan diverifikasi oleh petugas. Selanjutnya, peserta diarahkan untuk menjalani pemeriksaan singkat kesehatan. Jika lolos, peserta dapat menerima suntikan vaksin oleh petugas vaksinator. Menurutnya, lebih dari 500 orang lansia di Kota Pekalongan telah terdaftar lewat tautan tersebut.

Comments are closed.