Sekolah Tatap Muka Mulai Juli 2021, Jokowi

Sekolah Tatap Muka Mulai Juli 2021, Jokowi

Sehingga dr. Adam menarik kesimpulan, jika sekolah tatap muka kembali dibuka, maka risiko anak sekolah terinfeksi menjadi meningkat dan risiko keluarga terinfeksi pun ikut meningkat. Saat anak kembali ke sekolah, bukan tidak mungkin nantinya mereka memiliki risiko penularan dari orang lain dan membuat risiko menularkan ke orang rumah pun menjadi semakin tinggi. Ema mengungkapkan, Pemkot Bandung tak ingin gegabah soal pelaksanaan tatap muka di tengah pandemi Covid-19.

Kapan mulai sekolah tatap muka

Dalam pembukaan sekolah ini, pemerintah daerah yang diberikan kewenangan secara penuh terkait mana satuan pendidikan yang boleh dibuka dan yang tidak. Nadiem juga mengatakan, bahwa hal ini di karenakan banyaknya permintaan dari pemangku kepentingan untuk kembali melaksanakan pembelajaran tatap muka. Nadiem menjelaskan, untuk pembelajaran tatap muka tetap dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, seperti kondisi di kelas jaga jarak minimal 1,5 meter. Saat ini, kata Riza, masih terus dilakukan verifikasi terkait persiapan-persiapan sekolah yang akan melakukan uji coba sekolah tatap muka.

Khusus sekolah dan orang, mereka harus saling bersinergi agar sekolah tatap muka aman dan orang tua merasa nyaman serta tenang. Setiap orang tua pun memiliki kebebasan untuk menentukan apakah anaknya diperbolehkan untuk ikut masuk sekolah atau tidak. Walaupun, sekolah atau daerahnya telah memutuskan untuk membuka kembali kegiatan belajar secara tatap muka.

Mulai tahun ajaran baru, Juli 2021, pemerintah mendorong sekolah untuk menggelar tatap muka secara terbatas bagi zona hijau dan kuning. Keputusan ini diikuti dengan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah di Masa Pandemi Covid-19. Nadiem pun menyatakan bahwa PTM terbatas tidak sama seperti sekolah tatap muka biasa. Dia juga mengatakan guru harus divaksinasi lebih dulu sebelum sekolah tatap muka dimulai.

“Pembelajaran tatap muka ini diperbolehkan, tidak diwajibkan,” ungkap Menteri Nadiem para siaran pers daring di akun Youtube Kemendikbud RI. Sebelumnya, Kemendikbudristek dan Kementerian Agama telah menerbitkan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Situs Bola Online di Masa Pandemi COVID-19 yang dapat membantu kelancaran penyelenggaraan PTM terbatas. Panduan dapat diunduh di laman bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id atau spab.kemdikbud.go.id. Menurut dia, membandingkan sekolah dengan fasilitas umum yang sudah dibuka tidak tepat karena ini bukanlah hal yang sebanding.

Comments are closed.