Kapan Mahasiswa Bisa Ngampus Lagi? Ini Penjelasan Kemendikbud

Kapan Mahasiswa Bisa Ngampus Lagi? Ini Penjelasan Kemendikbud

Tapi praktik pelaksanaan kuliah luring di semester ini sudah cukup matang dibanding sebelumnya,” tambahnya. Namun, ada juga beberapa kegiatan yang terpaksa dilakukan secara luring terbatas. Mereka melakukan pertemuan langsung dengan sejumlah skema agar agar tidak terjadi kerumunan.

Salah satu keuntungan dari KBM tatap muka adalah tidak membutuhkan koneksi internet dan gawai. Guru maupun murid bisa secara langsung melakukan interaksi dan komunikasi dalam aktivitas pembelajaran. Karena dengan web lah kita semua dapat tehubung satu sama lainnya saat melakukan pembelajran daring. Dengan web yang cepat tentu saja kita berharap agar saat pembelajaran daring kita tidak terputus-putus sinyalnya.

Vaksinasi dan menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten merupakan salah satu kunci untuk menghentikan pandemi Covid-19. Juga untuk mengembalikan pada keadaan kondisi regular kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun di pendidikan tinggi. Pengalaman terlambat ketika kuliah on-line akan lebih jarang ditemui dibandingkan kuliah langsung. Ketika sedang kuliah daring, mahasiswa yang terlambat tidak akan terlalu mendapatkan perhatian. Bahkan, mahasiswa yang malas pun akan muncul untuk sekadar presensi saja.

Pembukaaan kegiatan belajar dan mengajar di kampus akan dilakukan secara bertahap. kuliah, praktikum, atau penelitian diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan sesuai ketentuan. Perguruan tinggi harus mendapatkan rekomendasi atau berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota setempat melalui satuan tugas penanganan Covid-19.

Tatap muka bagi anak kuliah

Ada tiga opsi yang dipertimbangkan dalam penerapan sistem pembelajaran terpadu. Pertama, dengan memberikan pilihan kepada dosen dan mahasiswa untuk belajar Deposit Pulsa Tanpa Potongan mengajar secara daring maupun secara tatap muka. PIKIRAN RAKYAT -Sejumlah universitas berencana mulai melaksanakan kuliah tatap muka dalam waktu dekat.

Salah satunya adalah proses belajar mengajar yang harus dilakukan via online. Hingga hari ini, masih banyak tantangan dan halangan belajar online yang dialami oleh siswa hingga mahasiswa. 13 hal yang perlu Sobat persiapkan untuk kuliah tatap muka – Perkuliahan yang akan dimulai tahun 2021 bagi mahasiswa baru akan terasa berbeda. Sebab, kondisi pandemi belum berakhir sehingga protokol kesehatan harus tetap dijalankan.

Selama ini, masyarakat hanya mengenal proses belajar secara tatap muka. Proses pembelajaran secara daring masih sangat langka dilakukan di Indonesia sehingga perubahan sistem belajar dari tatap muka menjadi daring membuat banyak pihak harus segera beradaptasi dengan teknologi digital. Perbedaan utama dari belajar di sekolah atau kampus dengan belajar di rumah adalah tingkat distraksi yang dialami oleh para pelajar. Ketika pelajar belajar di ruang kelas, maka lingkungan ruangan tersebut sudah diatur sedemikian rupa untuk mendukung proses pembelajaran agar berjalan lancar.

Menurut Meilinda, pihaknya juga siap menjadi penyelenggara vaksinasi untuk mahasiswa Itenas yang jumlahnya mencapai 7.000 orang lebih. Vaksinasi tersebut, dilaksanakan di Gedung Serba Guna Bale Dayang Sumbi Itenas. Seluruh dosen tetap Itenas menjadi hal yang prioritas dalam pemberian vaksin. “Jadi, sekarang tidak ada alasan, dewan perguruan tinggi SUNY dan CUNY akan mewajibkan vaksinasi untuk semua mahasiswa yang kembali kuliah pada musim gugur,” katanya.

“Perguruan tinggi harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga kampus yang meliputi mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, serta masyarakat sekitar,” katanya melalui siaran pers, Kamis (3/12). Dirjen Dikti menegaskan bahwa kebijakan ini hanya mengizinkan penyelenggaraan perkuliahan tatap muka serta kegiatan akademik lainnya yang berbentuk pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat. “Perguruan tinggi harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga kampus yang meliputi mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, serta masyarakat sekitar,” ujarnya.

Comments are closed.