9 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga Yang Harus Diketahui Setiap Calon Ibu Rumah Tangga

9 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga Yang Harus Diketahui Setiap Calon Ibu Rumah Tangga

Dengan adanya pembagian uang di awal bulan, anggarkan uang khusus untuk belanja. Nah, sebelum keadaan keuangan memburuk karena kebiasaan belanja ini, mulailah untuk mengubah sifat konsumtif tersebut. Misal, uang transportasi disimpan di uang elektronik atau uang untuk belanja di akun bank digital. Penggunaan uang sehari-hari pun bisa ditempatkan di berbagai akun keuangan yang berbeda. Untuk pengelolaan uang yang lebih mudah, kamu bisa mencoba menempatkan uang di beberapa rekening yang berbeda. Dengan begini, kamu bisa lebih rajin menabung dengan nominal uang yang sama setiap bulan.

Meskipun terdengar klise, cara ini sangat efektif untuk menjaga agar gaji tidak sekadar mampir di kantong. Dengan membuat rencana pengeluaran, Anda akan mengetahui hal-hal apa saja yang harus dipenuhi dan apa yang bisa ditunda. Di dalam sebuah rencana pengeluaran, Anda sebaiknya menentukan keperluan yang menjadi prioritas dan menganggarkan dana untuk itu.

Sebenarnya, ini tidak wajib, tapi bisa jadi solusi baik supaya kamu tidak boros dan termasuk cara efektif mengatur keuangan pribadi bulanan. 10% dari penghasilan pribadi dimanfaatkan untuk dana sosial seperti bersedekah, donasi, uang arisan, iuran RT, dan kebutuhan sosial lainnya. 10% dari penghasilan pribadi disisihkan untuk tabungan guna membeli keperluan lain di luar kebutuhan pokok. 30% dari penghasilan dialokasikan untuk biaya hidup sehari-hari, seperti makan, tagihan listrik, air, dan belanja bulanan. Ilustrasi tabungan keuangan (Unsplash/@tierramallorca)Dari total penghasilan bulanan kamu, penting untuk membuat pos-pos pengeluaran dengan persentase yang berbeda-beda.

Karena tanpa strategi yang baik, uang yang dimiliki akan habis tanpa tersisa. Sementara itu, besaran dana darurat untuk mereka yang sudah berkeluarga minimal dihitung berdasarkan jumlah anggota dalam keluarga yang dipenuhi kebutuhannya. 50 persen pendapatan untuk kebutuhan utama, 30 persen untuk keperluan yang tidak mendesak, dan 20 persen itu untuk tabungan. Dari alokasi 20 persen inilah bujet pengeluaran tidak terduga bisa disiapkan.

Misalnya dengan memisahkan uang transportasi, uang makan siang, uang belanja bulanan, dan kebutuhan lainnya. Jakarta -Setiap orang pasti merasakan bagaimana sulitnya mengatur keuangan pribadi, terutama anak muda. Hal itu disebabkan jarang adanya jalan pintas untuk mengelola keuangan. Jadi, kesimpulannya hidup teratur ini susah-susah gampang juga, guys. Dengan membiasakan diri dalam mengatur keuangan, pasti semua orang juga akan terbiasa untuk hidup teratur. Inget ya, hemat bukan berarti pelit sama diri sendiri sampai-sampai kamu nggak membeli barang kebutuhan.

Contohnya, cicilan rumah, kendaraan, dan peralatan untuk kebutuhan wajib. Langkah awal ini perlu dilakukan, supaya tidak terjadi kesalahan dalam perhitungan gaji dan keinginan menabung pun dapat terealisasi. Mama bisa memulai dari membelikan celengan lucu agar aktivitas menabungnya menyenangkan. Mengajari anak menabung sejak dini banyak nilai positifnya bagi masa depan kelak.

Kamu hanya butuh untuk lebih banyak mencari tau dan konsisten dalam menerapkannya, demi tujuan keuangan tercapai dan kestabilan finansial. Hindari juga membayar tagihan kartu kredit dengan dana darurat. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam mengatur keuangan di masa pandemi ialah mengevaluasi kondisi keuangan saat ini. Evaluasi ulang pendapatan kamu, baik dari pekerjaan atau dari usaha sampingan, lalu cek kembali pengeluaran dan tanggungan kamu saat ini.

Sebaiknya, Anda dengan gamblang mengkomunikasikan harapan Anda untuk kebijakan penagihan. Dengan demikian, kebutuhan tetap terpenuhi, hanya saja dengan cara yang berbeda. Salah satu contohnya mengurangi jatah makan atau kualitas makanan. Pada akhirnya, jika Anda sakit, pengeluaran untuk biaya berobat justru akan lebih besar. Meskipun terkadang hal ini akan sedikit sulit dilakukan bagi sebagian orang, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Yuk pilih dan bandingkan instrumen investasi apa yang paling baik di CekAja.com.

Tidak ada kata terlambat untuk membuat goal monetary untuk bisnis atau usaha yang sedang Anda jalankan. Sebagai pemilik usaha, tentunya Anda tahu persis goal atau pencapaian yang ingin diraih. Seharusnya, anggaran dibuat dalam periode akuntansi dengan kurun waktu tertentu.

Tips mengatur keuangan

Kamu juga bisa membeli kebutuhan kuliahmu sendiri seperti laptop, printer, atau beberapa barang kebutuhan kuliahmu lainnya. Untuk mempermudah kamu dalam memenuhi kebutuhan tersebut, kamu pun bisa menggunakan fasilitas CICIL, lho. Alokasikan dana sebesar 30% dari penghasilan ALovers untuk biaya hidup sehari-hari. Gunakan uang sebesar 2,7 Juta Rupiah untuk makan, membayar tagihan listrik, air, dan juga belanja bulanan.

Comments are closed.