8 Ideas Cermat Mengatur Keuangan Selama Pandemi Corona

8 Ideas Cermat Mengatur Keuangan Selama Pandemi Corona

Setelah memisahkan akun pribadi dan bisnis, lakukan juga pelacakan terhadap pinjaman pribadi untuk bisnis. Maksudnya adalah melakukan pengecekan terhadap keuangan pribadi yang dikeluarkan untuk keperluan bisnis. Jangan sampai uang pribadi yang tercampur ke dalam bisnis tidak dikembalikan dan malah menyusahkan diri sendiri.

Kehadiran wabah mematikan itu bukan hanya telah memaksa orang-orang untuk menerapkan gaya hidup sehat, tapi juga untuk lebih pandai dalam mengatur ekonomi. Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman. Bukan sekadar untuk membahagiakan diri namun investasi bisa dinikmati oleh keluarga tercinta.

Ada banyak dampak yang diberikan untuk perekonomian secara world. Termasuk kehilangan pekerjaan atau mendapatkan gaji hanya sebagian. Kendati demikian, kamu tidak bisa bisa memikirkan hari ini saja. Langkah satu ini juga bisa digunakan sebagai strategi keuangan di masa pandemi seperti saat ini. Kegiatan nongkrong memang dibatasi, tetapi tetap saja kamu bisa membeli makanan on-line yang juga cukup mahal.

Liputan6.com, Jakarta Tas menjadi salah satu trend merchandise yang memiliki banyak penggemar. Baik kaum pria maupun wanita sering kali mengincar tas keluaran model tertentu sebagai barang koleksi ataupun memang untuk kebutuhan. Namun, saat ini justru semakin bermunculan bentuk-bentuk tas yang cukup unik. Beberapa waktu lalu rumah mode Louise Vuitton bahkan mengeluarkan tas dengan bentuk pesawat yang banderol dengan harga sekitar Rp 500 juta. Bahkan kini, dilansir Liputan6.com dari Worldofbuzz, Sabtu (1/5/2021) terdapat sebuah tas mungil dengan bentuk kursi yang jadi sorotan. Pasalnya, tas dengan jenis sling bag tersebut tidak bisa untuk menampung barang apapun.

Jika tidak diatasi segera, kondisi tersebut dapat mempengaruhi kesehatan keuangan dalam jangka panjang. Di masa resesi akibat pandemi seperti ini pengeluaran anggaran pribadi harus diatur dengan sebaik-baiknya agar tidak menyesal di akhir. Hindari belanja yang tidak bermanfaat terlebih saat ini belanja sangat mudah dan bisa dilakukan dengan cara klik di gawaimu.

Jangan lupa gunakan juga untuk investasi di dana pensiun atau instrumen investasi lain. Dana darurat merupakan salah satu pos wajib dalam keuangan seseorang. Pasalnya, dana darurat sangat penting dan akan menjadi sumber dana dalam kondisi tak terduga, seperti bencana banjir, pergantian suku cadang, atau kehilangan penghasilan.

Ia juga menyarankan untuk mengatur tabungan dengan cara semudah mungkin, seperti dengan mengatur waktu switch reguler dan otomatis dari rekening giro ke rekening tabungan. Hal senada juga disarankan oleh Alexandria Cole-Davis, seorang perencana keuangan di Facet Wealth yang berbasis di Maryland. Cole-Davis mengatakan bahwa dengan menghitung dan menganggarkan uang, maka Anda akan mendapatkan pijakan finansial yang tepat untuk jangka panjang.

Dengan mematuhi rasio pengeluaran tersebut, keuangan rumah tangga ALovers akan tetap sehat. Kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi, ALovers bisa menabung dan investasi, dan sisi lain tetap bisa bersenang-senang. Jika pendapatan keluarga ALovers adalah 9 Juta Rupiah, maka ALovers memiliki uang sebesar 2,7 Juta Rupiah untuk mencicil. Uang cicilan ini lebih baik digunakan untuk mencicil properti yang akan ALovers miliki seperti rumah atau kendaraan.

Tujuan keuangan untuk masa depan di antaranyadana menikah, dana DP rumah, dana pensiun, dan dana naik haji. Investasi yang dapat dipilih untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang adalah reksadana, saham, properti dan bisnis. Berikut ada beberapa cara mengatur keuangan pribadi untuk si lajang yang bisa kamu lakukan.

Tips mengatur keuangan

Peribahasa ini memang yang paling relevan jika dikaitkan dengan menabung. Sekalipun kamu hanya bisa menyisihkan sedikit dari pendapatan tidak menjadi masalah. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengelola finansial di masa depan adalah dengan menegakkan tiga pilar keuangan.

Comments are closed.