7 Ideas Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Cerdas

7 Ideas Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Cerdas

Jujur dan terbuka merupakan langkah pertama yang Anda lakukan, untuk mengatasi kepercayaan karena bohong soal keuangan. Atau jika Anda menduga pasangan tidak jujur soal keuangan, mintalah penjelasan. Yang perlu kita ingat adalah Ramadan bukanlah bulan untuk menghabiskan uang tetapi untuk banyak amal. Sekalipun kita menghabiskan banyak uang maka gunakan semua kekayaan yang kita miliki untuk banyak beramal dan membelanjakannya di jalan Allah. Target dan perencanaan keuangan yang kita buat harus mengasumsikan tidak hanya perencanaan keuangan selama Ramadan, tetapi juga saat mempersiapkan dan menjelang Idul Fitri.

Saat mendapatkan gaji, hal yang pertama Anda lakukan adalah membayar semua tagihan Anda di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari.

Melalui unggahan akun Twitter @lexilafleur pada 21 April 2021 lalu ia mengunggah foto saat menemukan barang-barang unik. Foto unggahan tersebut pun langsung viral di media sosial bahkan telah disukai sebanyak lebih dari 181 ribu kali. Pasalnya dalam unggahan tersebut ia memperlihatkan adanya sebuah sling bag berbentuk kursi yang cukup unik. Ditambah, harga dari tas berbentuk kursi tersebut dijual dengan harga cukup fantastis dalam situs belanja online Nordstorm. Dalam unggahan akun @lexilefleur, Rabu (21/four/2021) ia memperlihatkan sebuah tangkapan layar mengenai tas unik yang dijual dalam situs belanja online. Tas dengan bentuk kursi itu diketahui dibanderol dengan harga 895 greenback atau sekitar Rp 12,9 juta.

Banyak orang bilang adanya digitalisasi keuangan bisa membuat Anda jadi boros. Justru jika Anda sadar akan digitalisasi keuangan, bisa menghemat pengeluaran. Anda bisa memanfaatkan berbagai promo diskon atau cashback untuk membiayai kebutuhan sehari-hari, mulai bayar listrik, air, tagihan internet, pulsa, hingga beli makanan.

Di mana manfaat atau jaminan kematian dapat dibayarkan saat tertanggung masih hidup. Banyak cara untuk menjaga kesehatan dan memproteksinya, salah satunya dengan membeli produk asuransi kesehatan. Sebelum berutang, kamu juga bisa memilih cicilan dengan bunga nol persen agar beban bulananmu menjadi lebih ringan. Setelah itu, pilih utang dengan bunga tertinggi untuk dilunasi terlebih dahulu. Jika kamu punya utang atau cicilan yang harus dibayar setiap bulan, jangan pernah menundanya.

Alasan memisahkan rekening ini agar dana yang masuk dari transaksi usahamu tidak tercampur dengan dana tabungan pribadimu. Jika dana ini tercampur, tentunya kamu akan kebingungan untuk mengatur keuangan usaha. Maka dari itu, pisahkan rekening pribadi dan bisnismu supaya manajemen keuangan usaha menjadi lebih mudah dan teratur.

Tips mengatur keuangan

Tentu saja sebagai jaga-jaga menggantikan penghasilan utama Anda di kondisi terdesak. Bunda harus menyisihkan sebagian uang untuk ditabung agar tidak boros. Dengan mencatat pengeluaran maka bisa mengetahui berapa banyak uang yang sebenarnya dikeluarkan untuk kebutuhan dan keinginan.

Untuk yang sudah berkeluarga, minimal miliki 9-12x pengeluaran bulanan. Kebutuhan bulanan untuk keluarga memang cukup banyak, tapi bukan berarti Anda tidak bisa menabung. Hal yang satu ini tetap perlu dilakukan jika Anda ingin disiplin hidup hemat dan memiliki masa depan yang lebih cerah. Anda bisa membuat beberapa tabungan, seperti tabungan pendidikan anak, tabungan dana pensiun, dan tabungan untuk dana darurat.

Comments are closed.