Sekolah Tatap Muka Dimulai Januari 2021, Peran Bidang Kesehatan Ditingkatkan

Sekolah Tatap Muka Dimulai Januari 2021, Peran Bidang Kesehatan Ditingkatkan

Anak juga harus diajarkan berkomitmen terhadap kegiatan yang dilakukannya, dalam hal ini komitmen dalam mengikuti kegiatan proses belajar jarak jauh. Pada mulanya sekolah selama ini tidak begitu melibatkan orang tua dalam proses pendidikan anak. Setelah beberapa bulan berjalan, banyak sekali keluhan dari orang tua yang disampaikan terutama tulisan-tulisan yang beredar di dunia maya seperti fb atau instagram. Orang tua siswa merasa terbebani karena harus menggantikan peran guru di rumah. Bila semua kegiatan di rumah tersebut dilakukan secara bervariasi, niscaya anak akan menjalani masa belajar di rumah dengan senang, tidak jenuh dan bertambah wawasannya, serta semakin terampil membantu orang tua di rumah.

Semua komponen tersebut di atas diinputkan secara resmi ke sistem dapodik sebagai bahan atau information legitimate kemendikbud untuk sebagai salah satu syarat menerima tunjangan sertifikasi guru. “Semua guru di wilayah itu baru menjalani vaksin tahap I, tapi kami sudah daftarkan mereka mengikuti vaksin tahap II,” ujarnya. Senada dengan Aisyah, Vitri Arena juga mengaku selama ini harus mengawasi anaknya ketika mengerjakan tugas on-line. Selain penggunaan kuota web yang melonjak tajam, ia mengaku seringkali anaknya malah tidak mengerjakan tugas.

Soal risiko anak akan tertular Covid-19, Sawitri mengaku tak terlalu khawatir. Jika protokol kesehatan diterapkan dengan tepat, ia meyakini anaknya terhindar dari virus Sars-Cov-2. Ada yang harus diperhatikan ketika sekolah tatap muka dimulai di tengah pandemi Daftar Togel Online yang masih berlangsung. Perhatikan keamanan dan keselamatan anak-anak agar tidak tertular Covid-19. Yang terpenting, terang Wardani, bahwa kebijakan KBM tatap muka terbatas ini sudah direstui Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten.

Di lain keempatan seorang ibu dari anak yang duduk di bangku SD yaitu Presi mengaku masih khawatir dengan sekolah tatap muka. Seorang ibu dari anak yang duduk di bangku SMP yaitu Rini mengaku sekolah tatap muka ini perlu digelar. Dengan begitu Nadiem mengharapkan usai tenaga pendidik mendapatkan vaksin covid-19 secara lengkap, sekolah tatap muka bisa segera digelar. Rahmi menilai, sekolah justru berkesempatan mengajarkan anak-anak agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Misalnya dengan memberi tahu anak untuk menjaga jarak di sekolah dan tak memuncratkan air liur saat berbicara. Lebih lanjut, Ia mengatakan, pertama kalau menimbang dari pertimbangan orang tua kenapa setuju tatap muka, terus terang selama daring ini kadang anak-anak penggunaan gadget itu hampir tidak lepas dan menjadi kekhawatiran sebagai orang tua.

Tanggapan orang tua mengenai sekolah tatap muka

Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengingatkan pembukaan sekolah harus memperhatikan tahapan prakondisi, timing, prioritas, koordinasi pusat dan daerah serta monitoring dan evaluasi. Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengingatkan pembukaan sekolah harus memperhatikan tahapan prakondisi, timing, prioritas, koordinasi pusat, dan daerah serta monitoring dan evaluasi. Menurutnya pendidikan secara daring akan membantu anak untuk mandiri dalam mencari informasi. Belum lagi jumlah kuota yang harus digunakan untuk akses media tertentu. Yakni sebagau menyiasati interaksi seperti akses video interaktif dan mempunyai pembelajaran anak.

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan pembelajaran tatap muka dilakukan pada Januari 2021 harus dilakukan dengan syarat yang ketat. Lanjut dia, bagaimanapun belajar di rumah tidak lebih menyenangkan dibanding belajar di sekolah. Kepada orang tua untuk dapat mengawasi anaknya terutama dalam penggunaan gawai/gadget.

Comments are closed.