Sekolah Tatap Muka Bakal Diberlakukan Juli 2021, Orangtua Wajib Tahu Skema Dan Aturan Yang Wajibkan Pemerintah!

Sekolah Tatap Muka Bakal Diberlakukan Juli 2021, Orangtua Wajib Tahu Skema Dan Aturan Yang Wajibkan Pemerintah!

“Orang tua harus melatih anak-anaknya memakai masker. Hari ini pakai 5 menit, besok tambah 5 menit lagi jadi 10 menit pakai masker saat PJJ. Sampai akhirnya, mereka terbiasa pakai masker four jam saat belajar tatap muka,” ujarnya. Untuk jumlah hari dan jam sekolah tatap muka terbatas dengan pembagian rombongan Togel Online belajar ditentukan oleh satuan pendidikan. Selain itu, siswa yang masuk saat sekolah tatap muka dibatasi hanya 25% dari kapasitas kelas. Orang tua murid pun berhak memutuskan anaknya untuk mengikuti belajar tatap muka atau tidak. “Jadi dana BOS bisa digunakan untuk memenuhi daftar periksa pembelajaran tatap muka.

Dengan adanya orang berkumpul, ke luar dari rumah dan liburan, potensi penularan pun meningkat. Ada orang tua yang menilai pihak sekolah kurang berperan dalam pendidikan anak di masa PJJ. Kemudian, anak yang memilih belajar luring maupun daring harus memiliki hak dan perlakuan yang sama. “Tenaga pendidik kita berikan prioritas agar nanti di bulan Juli pembelajaran tatap muka bisa mulai dilakukan,” katanya.

Dinas Pendidikan, menurut dia, sudah melakukan peninjauan untuk mengecek kesiapan sekolah menjalankan protokol kesehatan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. “Pemeriksaan dilakukan menyeluruh sesuai dengan daftar periksa. Setelah itu baru kita validasi. Lalu, setelah clear , baru kita keluarkan rekomendasi surat izinnya,” kata Carwinda. Dikutip Cirebon.Pikiran-Rakyat.com dari Dpr.go.id, Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah mengatakan kebijakan sekolah untuk menggelar pembelajaran tatap muka akan sangat tergantung pada tingkatan pemerintah daerah.

Isu sekolah tatap muka Juli 2021

Nadiem berharap para pendidik bisa mempelajari dan menggunakan panduan ini saat membuka sekolah pada Juli mendatang. Tentu, dalam rapat kerja itu untuk membahas sejumlah isu krusial di dunia pendidikan, salah satunya terkait persiapan pembelajaran tatap muka pada Juli 2021 mendatang. Selama masa transisi, kegiatan olahraga dan ekstrakurikuler tidak diperbolehkan, tetapi disarankan tetap melakukan aktivitas fisik di rumah. Kegiatan tersebut diperbolehkan setelah masa transisi berakhir dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Dan, bagi sekolah yang nantinya baru akan memulai belajar tatap muka, maka wajib pula memenuhi daftar periksa serta menerapkan protokol kesehatan. Namun yang tidak boleh dipaksa adalah orang tuanya, orang bebas memilih anaknya mau ikut PTM terbatas atau tidak.“Pembelajaran bisa dilakukan di rumah atau PJJ. Untuk sekolah wajib menyediakan PTM terbatas jika guru dan tenaga kependidikan telah divaksinasi. Entah itu nanti dilakukan PTM dua kali dalam seminggu, tiga kali dalam seminggu dengan sistem rotasi silahkan.

Comments are closed.