Ikuti Four Tips Ini Untuk Mengatur Keuangan Keluarga

Ikuti Four Tips Ini Untuk Mengatur Keuangan Keluarga

Banyak orang berhasil mengelola keuangan, namun banyak juga yang tidak berhasil. Jika ingin berhasil mengelola keuangan lebih baik bulatkan tekatmu tentang bagaimana pentingnya mengelola keuangan. Mengatur keuangan ini dimaksudkan agar kondisi keuangan yang dimiliki bisa stabil dan lebih mapan.

Anda pun harus benar-benar jeli melihat kemana arus keuangan usaha selama ini digunakan. Misalnya saja untuk perencanaan keuangan secara harian, mingguan, bulanan atau bahkan tahunan. Untuk periode tahunan, bisa dilakukan apabila usaha kecil Anda sudah berjalan dalam waktu yang cukup lama. Panduan lainnya ketika mengatur manajemen keuangan untuk usaha kecil pastikan Anda memiliki perencanaan finances secara terperinci. Mengapa melakukan budgeting ini sangat penting dalam usaha kecil? Hal tersebut tidak lain adalah untuk mengukur batasan sejauh mana kinerja dan efisiensi yang telah dilakukan selama periode waktu tertentu.

Tips mengatur keuangan

Manajemen keuangan yang profesional bukan hanya dibutuhkan di sebuah perusahaan besar, tetapi di degree keuangan keluarga pun perlu diaplikasikan. Sebesar apapun pemasukan keuangan tidak akan terlihat efektivitasnya jika tidak ada pola manajemen keuangan yang baik. Bersyukurlah kamu jika tidak terdampak pandemi secara langsung dan masih mendapat pemasukan secara normal seperti biasa. Namun, ingat ya, tetap hemat dalam mengelola keuangan dan sisihkan lebih banyak untuk ditabung demi mengantisipasi hal-hal buruk di masa mendatang. Tak ada yang menduga bahwa pandemi ini akan terjadi secara berkepanjangan. Menurunnya pemasukan bahkan sampai ada yang kehilangan pekerjaan, membuat stabilitas ekonomi terganggu.

NOVA.id – Studi menunjukkan, hampir sepertiga orang dewasa muda kurang melek keuangan, keterampilan pintar atur uang yang baik, dan stabilitas pendapatan. Anda tidak perlu melakukan panic buying, dimana Anda menimbun barang-barang dalam jumlah banyak supaya bisa berjaga-jaga. Panic buying akan membuat pengeluaran Anda membengkak, padahal belum tentu barang-barang yang Anda beli akan terpakai di kemudian hari. Selain itu, panic buying juga dapat menimbulkan kelangkaan barang yang menyulitkan orang-orang yang bisa jadi lebih membutuhkan dari Anda. Jadi, daripada mengeluarkan banyak uang untuk menimbun barang dalam jumlah banyak dan belum tentu akan terpakai di kemudian hari, belilah barang yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap orang harus memiliki tujuan keuangan dalam hidupnya, baik tujuan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk yang kedua ini, pilih bank yang menerapkan biaya administrasi rendah dan jaringan mesin ATM-nya terbatas. Anda pun bisa menyimpan kartu ATM di tempat tidak mudah dilihat sehingga kartu ini jarang digunakan. Rekening pertama digunakan untuk semua transaksi, seperti bayar tagihan, membayar asuransi, cicilan rumah, dll. Mengubah perilaku hidup boros juga perlu dilakukan dengan tidak membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan atau mengganti produk keperluan rumah tangga dengan merek yang lebih murah.

Setiap pengeluaran prive dicatat secara rinci dalam jurnal akuntansi sehingga pengelolaan keuangannya dapat dikendalikan. Kesuksesan yang dicapai dalam bisnis yang dijalankan tak lepas dari komitmen serta tekad yang kuat. Dalam rangka mengelola keuangan yang baik, penting untuk mengetahui langkah atau cara yang efektif.

Comments are closed.